Friday, December 27, 2013

Tidur sih, tapi yang Sehat dong..

Jika Manusia tidur seenaknya sendiri, apa bedanya dengan Binatang? Namun, Rosulullah SAW dalam hal ini memiliki etika atau tata cara dalam masalah tidur. Dimulai dari Bersiwak (Sikat Gigi) Berwudhu, Membersihkan tempat tidur, berdoa, dan Tidur dengan Posisi miring ke kanan

Berikut Keutungan Tidur menghadap kanan menurut Medis.

 
Mengurangi beban jantung.
Paru-paru kanan lebih besar dibanding kiri, ketika tidur sebelah kanan maka jantung akan lebih longgar dibanding tidur sebelah kiri jantung akan terhimpit dan tertekan oleh liver (organ terberat). Hal ini mengurangi kinerja jantung, terutama bagi usia lanjut akan terasa sesak.

Mengistirahatkan lambung.

Lambung manusia berbentuk seperti tabung berbentuk koma dengan ujung katup keluaran menuju usus menghadap kearah kanan bawah. Jika seorang tidur kesebelah kiri maka proses pengeluaran chime ( makanan yang telah dicerna oleh lambung dan bercampur asam lambung ) akan sedikit terganggu, hal ini akan memperlambat proses pengosongan lambung.
Hambatan ini pada akhirnya akan meningkatkan akumulasi asam yang akan menyebabkan erosi dinding lambung. Posisi ini juga akan menyebabkan cairan usus yang bersifat basa bias masuk balik menuju lambung dengan akibat erosi dinding lambung dekat pylorus.

Meningkatkan pengosongan kandung empedu dan pankreas.
Adanya aliran chime yang lancar akan menyebabkan keluaran cairan empedu juga meningkat, hal ini akan mencegah pembentukan batu kandung empedu. Keluaran getah pancreas juga akan meningkat dengan posisi miring ke kanan.

Merangsang buang air besar.
Dengan tidur mengiring ke sebelah kanan, proses pengisian usus besar sigmoid (sebelum anus) akan lebih cepat penuh. Jika sudah penuh, akan merangsang gerak usus besar diikuti relaksasi dari otot anus sehingga mudah buang air besar.

Menjaga saluran pernafasan.
Tidur miring mencegah jatuhnya lidah ke pangkal yang dapat mengganggu saluran pernafasan. Tidur dengan posisi telentang, mengakibatkan saluran pernafasan terhalang oleh lidah. Yang juga mengakibatkan seseorang mendengkur. Orang yang mendengkur ketika tidur menyebabkan tubuh kekurangan oksigen. Bahkan kadang2 boleh mengakibatkan terhentinya nafas untuk beberapa detik yang akan membangunkannya dari tidur. Orang tersebut biasanya akan bangun dengan keadaan pusing kerana kurangnya oksigen yang masuk ke otak. Tentunya ini akan mengganggu kualiti tidur

Tidur sih, tapi yang Sehat dong.. Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown
Terima kasih sudah berkomentar