Monday, June 29, 2015

ABAD KEJAYAAN YANG TERLUPAKAN (1)




S
ejenak saya bertanya pada rekan kerja saya, “Menurut anda, bagaimana keadaan kaum Muslim saat ini?”, si Teman menjawab “Biasa saja, sama seperti tahun-tahun kemarin..” Kemudian saya berkata kembali “Apakah anda setuju jika saya katakan bahwa Muslim saat ini terhina, terpuruk?”. Sang temanpun menjawab “Tidak setuju, karena Muslim masih terlihat eksis..”

Dilain kesempatan ketika saya berkumpul bersama adik-adik Iremas Al-Karomah, rata-rata mereka yang masih duduk di SMP atau SMA terasa asing ketika saya mengenceritakan tentang Abad Kejayaan Islam kala itu. Saya berfikir apakah mereka tidak diajarkan tentang Masa Kegemilangan Islam? Apakah mereka tidak tahu bahwa dunia telah mencatat tinta emas tentang Muslimin.

Judul diatas sengaja saya tulis karena memang nampaknya kita sudah melupakan Sejarah Muslimin di era keemasan, sehingga kita “tidak termotivasi” untuk berusaha menjadi Pemangku peradaban hari ini. Ketika kita mendalami tentang sejarah kegemilangan Islam akan terlihat perbedaan itu terasa sangat jauh, dimulai dari Sistem Pemerintah, Pendidikan sampai kepada Individu manusianya.

Sepenggal saya kisahkan masyarakat madinah di Zaman Kekhalifahan Umar bin Khotob ra. Dikisahkan ketika Umar bin Khotob seusai membebaskan sebagian wilayah Persia dan Romawi (Negara Adidaya di masa itu dengan wilayah yang sangat besar). Ada seorang mata-mata dari Persia masuk ke Kota Madinah (Ibukota Muslimin saat itu), dia terkaget-kaget ketika melihat kondisi kota Madinah yang sederhana (bahasa kita ‘ndeso’). Sangat aneh ketika ada sebuah Negara berkekuatan besar ternyata kondisi masyarakatnya justru tidak terdapat kemewahan didalamnya. Sampai ketika dia bertemu dengan Sang Khalifah juga terkaget karena Manusia yang menguasai persia dan romawi itu ternyata tidak ada kawalan para tentara dan berada di rumah yang sederhana. Sebaliklnya di Negara si mata-mata seorang raja pasti berada di istana megah dengan kawalan para tentara. Muslim saat itu memang berpegang teguh kepada Al-Quran dan Hadist, maka tak heran jika Kemenangan demi kemenangan terus diraih.

Dizaman setelah Khulafaturasyidin yaitu Bani Ummayah, Bani Abbasiyah, Bani Utsmaniyah memiliki karakter berbeda, ada kalanya pemimpinnya dzolim muslim jatuh, ada kala pemimpinnya Zuhud Muslim bangkit. Sebagai contoh ada Khalifah Harun Arrasyid di Zaman Bani Abasiyah yang membangun peradaban Ilmu di Kota Bagdad, saat itu banyak orang di belahan dunia belajar di Kota itu, dimana terdapat perpustakaan terbesar didunia dan banyak lahir tokoh-tokoh besar. Umar bin Abdul Azis ketika menjadi Khalifah di zaman Bani Umayyah, merombak sistem pemerintahan khalifah sebelumnya yang serba mewah, menjabat hanya 28 bulan sampailah kepada seluruh masyarakat yang tidak mau menerima harta baitul mall. Bagaimana tidak, harga pasar turun kebutuhan tercukupi dan keimanan muslimin meningkat.

Ada Sultan Muhammad Al-Fatih di Zaman Turki Utsmaniyah yang mampu membobol Benteng Kota Constantinopel hingga runtuhnya rezim Byzantium. Benteng yang selama 1000 tahun belum pernah ada yang bisa membobolnya. dialah yang oleh Rosulullah SAW disebut sebagai Sebaik-baik raja dan sebaik-baik tentara. Bagaimana tidak, seorang pemimpin yang sangat mengidolakan Nabinya dan tentara yang haus akan Jihad Fisabilillah.

Banyak lahir tokoh-tokoh muslim yang sampai sekarang karyanya masih sebagai rujukan, seperti Ibnu Sina (kedokteran), Al-Zahrawi (Ahli Bedah) Al Jabar (Matematika) Al Awwam (Pertanian) Khalid Bin Walid (Strategi Perang) Imam Bukhari (Ahli Hadist) Ibnu Qoyim Al Jauzi (Pendidikan) Ibnu Katsir (Tafsir) dsb. Segudang karya-karya emas mereka sumbangkan untuk dunia. Kala itu Muslimin disegani karena keilmuannya, kekuatanya, keimanannya dsb.
Namun apa yang kita lihat hari ini nampaknya Muslimin dimata dunia sudah tidak seperti dulu lagi, dimana Muslimin terpecah menjadi beberapa bagian, yang kemudian Islam dianggap teroris, radikal, kuno, lemah dsb. Sistem Berbasis Islami mulai bergeser.


Lantas bagaimana cara untuk meraih kembali kejayaan tersebut..? (bersambung)

ABAD KEJAYAAN YANG TERLUPAKAN (1) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown
Terima kasih sudah berkomentar