Sunday, March 6, 2016

Gerhana Matahari? Awas Berbahaya!

Dilansir dari palembang.tribunnews.com bahwa Indonesia diprediksi akan kedatangan momen langka pada bulan Maret mendatang. Sebab Gerhana Matahari Total (GMT) setidaknya akan melintasi 11 provinsi di tanah air. Momen itu, diungkapkan Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Andi Eka Sakya sangat langka. Bahkan bisa hanya sekali seumur hidup. Tapi seberapa bahayanya masyarakat menatap fenomena itu dengan mata telanjang? "Jika melihatnya pada saat fase GMT terjadi, maka melihat tidak berbahaya," kata Andi di Kantor BMKG, Jakarta, Kamis (11/2/2016).

Sebaliknya, kata Andi, akan menjadi sangat berbahaya jika seseorang melihat langsung saat baru gerhana sebagian. Apalagi melihatnya dalam durasi yang lama. Karenanya, Andi mengimbau masyarakat menghindari melihat fase gerhana sebagian ini. "Jangan melihat langsung ke arah waktu yang lama dalam fase ini," tegasnya. Andi menjelaskan, fase itu menjadi bahaya karena paparan cahaya matahari dengan intensitas tinggi akan m‎enembus matadan merusak lapisan retina mata yang berisi syaraf sensitif.

Padahal, retina mata tidak memiliki sensor sakit sehingga banyak orang cenderung mengabaikan dengan menatap langsung kematahari dan tidak menyadari matanya sedang berada dalam keadaan bahaya. "Kerusakan pada retina akan dirasakan dalam bentuk penglihatan yang kabur selama beberapa jam sampai minggu," ujarnya.

Tak cuma itu, kerusakan mata secara permanen pun dapat terjadi. ‎Bahkan sampai menyebabkan kebutaan. Untuk itu, cara yang paling aman mengamati matahari saat proses gerhana dengan menggunakan kacamata yang dilengkapi filter khusus.

"Sedangkan kaca mata hitam biasa, film foto, film rongten, bukanlah alat yang aman untuk melihat matahari," tegasnya. Diimbau pula bila masyarakat yang hendak mengabadikan proses gerhana menjadi gerhana total, agar tidak melihat langsung pada view finder.
"Kalau mau aman ambil gambar tapi kita lihatnya lewat layar pada kamera," imbuhnya.

Gerhana Matahari? Awas Berbahaya! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown
Terima kasih sudah berkomentar