Tuesday, March 8, 2016

Ibu Hamil, Kenapa Harus Membaca Surat Maryam?


Jika ingin anaknya seperti Maryam, maka kita dianjurkan untuk membaca surat Maryam, itulah opini masyarakat kita, jika anaknya ingin tampan seperti Nabi Yusuf, dianjurkan membaca Surat Yusuf, demikian pemaparannya.

Ketika saya mencari rujukan dalam hadist atau kitab, ternyata tidak saya temukan bab tentang anjuran membaca Surat tersebut, namun Islam memberikan panduan di Surat Maryam ayat 19-26.

Maka Maryam mengandungnya, lalu ia menyisihkan diri dengan kandungannya itu ke tempat yang jauh.(22)

Maka rasa sakit akan melahirkan anak memaksa ia (bersandar) pada pangkal pohon kurma, dia berkata: "Aduhai, alangkah baiknya aku mati sebelum ini, dan aku menjadi barang yang tidak berarti, lagi dilupakan". (23)

Maka Jibril menyerunya dari tempat yang rendah: "Janganlah kamu bersedih hati, sesungguhnya Tuhanmu telah menjadikan anak sungai di bawahmu. (24)

Dan goyanglah pangkal pohon kurma itu ke arahmu, niscaya pohon itu akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu,(25)

Maka makan, minum dan bersenang hatilah kamu. Jika kamu melihat seorang manusia, maka katakanlah: "Sesungguhnya aku telah bernazar berpuasa untuk Tuhan Yang Maha Pemurah, maka aku tidak akan berbicara dengan seorang manusiapun pada hari ini".(26)



Ayat 22, dikisahkan Maryam –dengan kandungan sudah besar- merasa malu dari orang-orang yang membicarakan tentang kehamilanya, kemudian mengasingkan diri ke tempat jauh.
Ini mengisyaratkan bahwa ketika anda sedang hamil dianjurkan untuk mengasingkan diri dari orang-orang dan lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT, mengapa? 

Pertama, Karena itulah detik-detik dimana hidup dan mati perjuangan seorang ibu melahirkan buah hatinya, dibutuhkan kedekatan dengan Allah SWT agar dimudahkan persalinannya.
Kedua, ketika sering bertemu dengan orang, apalagi orang yang kurang ilmu, maka perbincangannya meliputi informasi persalinan yang menakutkan seperti; nanti jika proses persalinan begini, begitu dsb. Hal ini membuat si Ibu hamil merasa takut sebelum perang.

Ibu Hamil, Kenapa Harus Membaca Surat Maryam? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown
Terima kasih sudah berkomentar