Tuesday, November 12, 2013

DIMANA LETAK STRES ANDA ?


Tekanan psikologis ini tidak hanya bisa mengganggu mental, tapi juga raga Anda. Temukan titik-titik persembunyiannya, taklukkan, dan pegang kembali kendali hidup Anda.

Otak
Pengeluaran hormon stres kortisol secara terus-menerus bisa membuat Anda kehilangan ingatan, depresi, dan  mungkin 3 gelas minuman beralkohol.
Cara memperbaikinya: Jangan terlalu teliti dalam bekerja. Studi di Kanada yang menguji 2.737 pekerja menemukan, ketika seseorang memikirkan performa kerjanya yang buruk bisa berdampak serius terhadap rekan kerja, perusahaan, atau lingkungannya, maka stres di tempat kerja mereka meningkat.
 
Rambut Anda
Peneliti di University of Western Ontario mungkin telah menemukan cara baru untuk mengukur stres kronis: Mencabuti beberapa helai rambut.
Mereka mengambil sampel tunas rambut dari lebih dari 100 pria, setengahnya adalah mereka yang pernah mendapat perawatan akibat serangan jantung, dan menemukan kortisol rambut ternyata lebih tinggi pada pasien jantung. Peneliti mengatakan, penemuan ini mendukung teori kalau stres kronis berkontribusi terhadap serangan jantung sama halnya dengan yang dilakukan stres akut.
Cara memperbaikinya: Raih promosi. Karena kekuasaan mendatangkan kendali, kata peneliti dari sekolah bisnis Columbia University.

Sistem Saraf Anda

Saat stres, berbagai macam hormon akan membanjiri sekujur tubuh, membantu perhatian Anda fokus, mempertajam cara pandang, dan mempersiapkan otot-otot Anda untuk beraksi.
Cara memperbaikinya: Manfaatkan kekuatan itu. Untuk periode yang singkat, menghadapi suatu hambatan bisa memberi tenaga bagi Anda untuk menangani berbagai tantangan.

Otot

Ketegangan leher dan punggung disebabkan oleh stres mental, sedangkan menghabiskan waktu yang panjang di depan keyboard komputer bisa memicu rasa sakit.
Cara memperbaikinya: Cobalah peregangan di sudut ruangan, dengan berdiri menghadap satu sudut, mengangkat siku setinggi bahu, lalu tempelkan lengan, siku dan telapak tangan di masing-masing tembok. Dorong tubuh perlahan untuk meregangkan otot dada dan punggung. Tahan selama 15 detik, tarik napas dalam. Lakukan ini setiap 2 jam atau kapanpun Anda merasa tegang.

Usus

 Meningkatnya asam lambung bisa mengocok usus dan mengendurkan perut. Stres bahkan bisa mengubah cara tubuh Anda memproses lemak, membuat Anda menyimpannya lebih banyak di abdomen.
Cara memperbaikinya: Putar tubuh Anda seperti ulir lalu tertawa, tertawa, dan tertawa. Praktisi ‘yoga tertawa’ menjanjikan bahwa mengombinasikan pernapasan ala yoga dan teknik peregangan dengan tawa yang dipaksakan membantu pelakunya terlindungi dengan lebih baik dari kehidupan yang penuh stres.

DNA

Stres bukan cuma bisa membuat perut kembung, tapi juga bisa mengganggu DNA Anda. Hormon stres bisa memperpendek telomeres, struktur DNA yang memproteksi kromosom. Jika dia memendek secara berlebihan, sel-sel di tubuh Anda bisa tidak lagi berlipatganda.
Cara memperbaikinya: Meditasi. Studi di Harvard University menemukan respons psikologis dari meditasi, tai chi, dan latihan pernapasan menetralkan kerusakan sel akibat stres.

DIMANA LETAK STRES ANDA ? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown
Terima kasih sudah berkomentar