Saturday, November 23, 2013

ASI

Volume ASI yang dihasilkan seorang ibu pada bulan pertama sekitar 600Ml sehari, dan meningkat menjadi 800-1000ml perhari pada bulan ke enam. Setelah 6 Bulan, bayi memerlukan tambahan sebagai pendamping ASI yang ketika itu hanya memenuhi 30% dari kebutuhan bayi. Namun, agar tidak mubadzir ASI itu hendaknya tetap diberikan kepada bayi hingga mencapai usia 2 tahun.

Dari Hasil penelitian di Inggris oleh Douglas, ditemukan bayi yang mendapatkan ASI menjadi lebih cepat berjalan dibandingkan dengan bayi yang diberi susu formula.Semakin banyak ASI diperoleh semakin nampak perbedaanya.Perkembangan Psikomotorik dan kognitif bayi pun berbeda antara yang memperoleh ASI dibandingkan dengan yang tidak memperolehnya.

Disisi lain, pemberian ASI memperkokoh hubungan batin antara ibu dan anak. Bayi yang berada dalam dekapan ibu, bukan saja merasakan kehangatan kulit yang lembut, tetapi juga kehangatan rangkulan dan suara detak jantung ibu, yang selama dalam kandungan pernah dialami sang bayi.

Ibu yang menyusui setelah melahirkan zat oxytoxin-nya akan bertambah, sehingga dapat mengurangi jumlah darah yang keluar setelah melahirkan. Kandungan dan perut bagian bawah juga lebih cepat menyusut kembali ke bentuk normalnya. Ibu yang menyusui bisa menguras kalori lebih banyak, maka akan lebih cepat pulih ke berat tubuh sebelum hamil. Ketika menyusui, pengeluaran hormon muda bertambah, menyebabkan ibu dalam masa menyusui tidak ada kerepotan terhadap masalah menstruasi, pada masa ini juga mengurangi kemungkinan terjadinya kehamilan diluar rencana. Menyusui setelah melahirkan dapat mempercepat pemulihan kepadatan tulang, mengurangi kemungkinan menderita osteoporosis (keropos tulang) setelah masa menopause. Menurut statistik, menyusui juga mengurangi kemungkinan terkena kanker indung telur dan kanker payudara dalam masa menopause. Juga ibu yang menyusui tidak perlu bangun tengah malam untuk mengaduk susu bubuk, ketika pergi bertamasya juga tidak perlu membawa setumpuk botol dan kaleng susu, bukankah bisa menjadi seorang ibu yang santai dan gembira.

ASI Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown
Terima kasih sudah berkomentar